Jumat, 16 Desember 2011

Ujian Akhir smester pengembangan sumber belajar

MUDIANTORO
NIM:5520100161

Ujian Akhir Semester Pascasarjana

PASCA SARJANA PROGRAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM ASYAFI'IYAH 
SOAL
1. Jelaskan Pengertian sumber belajar yang dikutip, menurut 5 pendapat para ahli, kemudian dikemas menjadi pendapat sendiri.
2. Jelaskan perbedaan Sumber Belajar dengan Bahan ajar dan uraikan beserta contohnya.
3. Secara skematik prosedur merancang sumber belajar mengikuti langkah sebagai berikut :
sumber belajar1
Jelaskan ke-6 langkah tersebut?

4. Buatlah Rencana Pembelajaran / RPP dalam persiapan mengajar saudara dalam kelas, yang disesuaikan dengan kondisi kelas, letak geografis, keterbatasan sarana dan lain-lain, dengan melibatkan sumber belajar secara optimal?
5. Jika saudara menjadi pemangku kebijakan dibidang pendidikan di kabupaten Sukabumi, Program apakah yang akan saudara lakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada engembangan sumber belajar?
JAWABAN 
1. Pengertian Sumber belajar Menurut Para Ahli
  • Menurut Association Educational Comunication and Tehnology AECT (As’ari, 2007) sumbr belajar yaitu berbagai atau semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar.
  • Sumber belajar menurut AECT (Suratno, 2008) meliputi semua sumber yang dapat digunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, biasanya dalam situasi informasi, untuk memberikan fasilitas belajar. Sumber itu meliputi pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan tata tempat.
  • Sudjana (Suratno, 2008), menuliskan bahwa pengertian Sumber Belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Pengertian secara sempit diarahakan pada bahan-bahan cetak. Sedangkan secara luas tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Sadiman mendefinisikan sumber belajar sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk belajar, yakni dapat berupa orang, benda, pesan, bahan, teknik, dan latar (Sadiman, Arief S., Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi unt uk Pembelaj aran, makalah, 2004)
  • (Suryosubroto, 1988). dan Sumber Belajar. Merupakan berinteraksi secara efektif dengan sumber belajar. Seseorang yang mengalami kegiatan belajar, berarti terjadi proses interaksi edukatif antara seseorang dengan lingkungan atau sumber belajarnya secara aktif. ... Ide-ide atau pengertian-pengertian yang sudah tersimpan dalam diri seseorang dapat berguna untuk bahan mengingat-ingat sekaligus untuk mempelajari sesuatu
Menurut pandapat sendiri Dalam pengertian ya ng sederhana sumber belajar (learning resource) adalah guru dan bahan-bahan pelajaran baik buku-buku bacaanatau semacamnya. Dalam disain pengajaran yang biasa disusun guru terdapat salah satu komponen pengajaran yang dirancang berupa sumber

2.  Apakah Perbedaan Sumber Belajar dan Bahan Ajar berikut contohnya?
  • Sumber belajar (learning resource), umumnya yang diketahui hanya perpustakaan dan buku sebagai sumber belajar. Padahal secara tidak terasa apa yang mereka gunakan, dan benda tertentu adalah termasuk sumber belajar.
Sebagai contoh Sumber belajar ditetapkan sebagai informasi yang disajikan dan disimpan dalam berbagai bentuk media, yang dapat membant u siswa dalam belaj ar sebagai perwuj udan dari kurikulum. Bent uknya tidak terbatas apakah dalam bentuk cetakan, video, format perangkat lunak at au kombinasi dari berbagai format yang dapat digunakan oleh siswa at aupun guru. ) Dengan demikian makasumber belaj ar j uga diart ikan sebagai segala tempat atau lingkungan sekit ar, benda, dan orang yang mengandung inf ormasi dapat digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan proses perubahan t ingkah laku
  • Bahan Ajar merupakan bagian dari sumber belajar. Bahan aj ar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud bisa berupa Bahan tertulis maupun bahan tidak tert ulis.Bahan aj ar at aut eaching- material, terdiri atas dua kat a yaitu teach ingat au mengaj ar dan material atau bahan.
Contoh Bahan Ajar (a). Pedoman bagi Guru yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada siswa. (b). Pedoman bagi Siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelaj ari/ dikuasainya.  
3. Penjelasan Prosedur Merancang Sumber Belajar

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYK7fZP2D9wDTtldKYGEwKlbF0No1FwP8zDxQgnTetGhHLh02F_GAyaq0EugbWIqRpAgcJM9OVulNIpLo2BRi5FWWOfm8p4KfFZ06-h6sUS6HphApBZOnRoAOCjPcGaoT2-WJrs0pVaQI9/s320/Picture1.jpg
1.Analisis kebutuhan
Kegiatan ini dilakukan untuk mengkaji berbagai persoalan yang terkait dengan perancangan sumber belajar di sekolah berdasarkan tuntutan karakteristik setiap mata pelajaran dalam kurikulum berbasis kompetensi, baik dari sisi kompetensi yang harus dimiliki, maupun dari segi materi ataupun bahan yang akan disampaikan kepada anak didik. Disamping itu, analisis kebutuhan didasarkan atas masukan-masukan dari para pengelola dan pelaksana pembelajaran meliputi: kepala sekolah, pengawas, guru dan siswa.

Analisis difokuskan kepada kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam merancang sumber belajar, termasuk kemampuan-kemampuan yang dipersyaratkan berkenaan dengan merancang sumber belajar
2.Penetapan sumber belajar
Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah menetapkan sumber belajar yang akan digunakan. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengkaji berbagai teori dan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan, kemudian menyusun konsep dan konstruknya, aplikasi, serta implementasinya. Konsep dan konstruk yang telah tersusun, akan dijadikan rujukan dalam menetapkan sumber belajar.
3.Pengembangan sumber belajar
Pengembangan sumber belajar ini, dilakukan dengan cara mengkaji dan meneliti berbagai masukan yang berasala dari penetapan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran. Selanjutnya hasil dari pengembangan tersebut, dapat dijadikan bahan bagi kegiatan revisi pengggunaan sumber belajar. Hasil revisi ini, kemudian menjadi rujukan untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
4.Evaluasi sumber belajar
Kegiatan ini melihat kriteria keberhasilan dalam merancang sumber belajar dan mengevaluasi pelaksanaan penggunaan sumber belajar. Dengan evaluasi, kita dapat mengamati kekurangan-kekurangan yang sumber belajar tersebut, sehingga ada suatu perbaikan untuk mencapai sumber belajar yang lebih baik, yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang telah ditetapkan.

4.  Rencana Pembelajaran / RPP dalam persiapan mengajar saudara dalam kelas



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran           : IPA(Biologi)
Kelas/Semester          : IX/1
Pertemuan Ke-           : 12
Alokasi Waktu             : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi    : 2. Memahami kelangsungan hidup organisme.
Kompetensi Dasar       : 2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan.
Indikator                   :      •        Mengaitkan antara insting lebah dengan seleski alam.

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menjelaskan pengertian tentang seleksi alam;
B. menelaah insting lebah dalam membuat sarang kaitannya dengan seleksi alam;

II. Materi Pokok
Seleksi Alam

Seleksi alam adalah terpilihnya anggota populasi yang cocok untuk kondisi lingkungan. Untuk bisa terpilih maka di antara organisme terjadi saling kompetisi, akibat adanya kompetisi maka kemungkinannya adalah yang mampu bertahan akan melangsungkan kehidupannya, sedangkan yang tidak mampu akan mencapai titik kepunahan.
Berdasarkan temuan fosil dapat ditelusuri keberadaan makhluk hidup yang pernah mendiami bumi, ada yang berbeda dengan makhluk yang ada sekarang. Artinya beberapa di antaranya telah mengalami kepunahan.  Kepunahan terjadi karena organisme tersebut tidak mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi lingkungan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A.  Pendahuluan
Guru menyampaikan apersepsi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa, misalnya, ”Mengapa saat ini tidak dijumpai dinosaurus yang masih hidup?”
B.  Kegiatan Inti
1. Siswa diminta menjelaskan pengertian dari seleksi alam.
2. Siswa diminta memberikan contoh seleksi alam.
3. Siswa diminta membandingkan perubahan populasi ngengat berwarna gelap dan terang, sebelum dan sesudah revolusi industri di Inggris.
C.  Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum akibat dari terjadinya seleksi alam.
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A. Buku IPA Biologi Kelas IX, Erlangga
B. Belajar Ilmu Alam dan Sekitarnya, Tiga Serangkai
C. The Origin of Species, Charles Darwin
D. Charta dan gambar
E. Lingkungan sekitar
VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A.  Tes Tertulis
1. Apakah yang dimaksud dengan seleksi alam?
2. Sebutkan dua contoh seleksi alam pada makhluk hidup.
3. Sebutkan tiga hewan dan tumbuhan yang terancam punah.
4. Apakah yang dimaksud dengan tingkat reproduksi?
5. Apakah yang akan terjadi apabila suatu organisme tidak dapat beradaptasi?
6. Apakah seleksi alam dapat memengaruhi jumlah populasi?
7. Sebutkan contoh hewan yang memiliki tingkat reproduksi rendah.
8. Sebutkan contoh hewan yang memiliki tingkat reproduksi tinggi.
B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu per satu.



Mengetahui
Kepala MTs Husnul Khotimah



Soelaiman, S.H.I.
Kuningan, ........................
Guru Bidang Studi Biologi



Mudiantoro, S.Hut.

5. Jika saudara menjadi pemangku kebijakan dibidang pendidikan di kabupaten Sukabumi,
Program apakah yang akan saudara lakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan
yang berorientasi pada pengembangan sumber belajar?                  

JAWAB: 
Jika saya sebagai seorang pemangku kebijakan dibidang pendidikan di kota Sukabumi, pastilah sangat memahami kondisi dan program apa yang akan saya lakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada pengembangan sumber belajar di kota Sukabumi.
Ada 3 (tiga) program yang harus saya lakukan, yaitu :
Pertama,  menyamakan persepsi di seluruh unsur pendidik, tenaga kependidikan dan masyarakat terkait, bahwa pemanfaatan sumber belajar yan optimal akan meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Untuk itu perlu diadakan work shop/ In House Training atau bentuk pertemuan lain yang membahas  kondisi dan peta sekolah yang ada di kota Sukabumi.
Kedua, membuat kebijakan berupa aturan tertulis mengenai kewajiban pemenuhan 8 (delapan) standar nasional pendidikan, terutama terkait sumber belajar. Misalnya : Sekolah wajib mempunyai perpustakaan yang memadai sebagai salah satu sumber belajar, mempunyai lingkungan yang berfungsi sebagai sumber belajar yang nyaman, pembelajaran yang menggunakan aneka sumber belajar dengan ICT yang memadai) sehingga tidak terjadi kesenjangan antara pembelajaran verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya konkrit. Untuk itu perlu dibentuk team dengan mengoptimalkan kerja pejabat yang ada seperti pengawas,  dengan melibatkan komite sekolah/ Dewan Sekolah.
Ketiga, melakukan evaluasi secara berkala tiap semester, dengan memberikan reward kepada peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan yang berprestasi, serta dipublikasikan, tentunya dengan cara yang baik dan elegan. Misalnya dengan pemberian penghargaan serta percepatan sertifikasi bagi pendidik, dan pemberian penghargaan serta kenaikan atau jabatan bagi tenaga kependidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar